Pages

2010/12/23

Virus total Uploader

Sebuah solusi
 Artikel sebelumnya: Antivirus gratis paling lengkap

Malas buka-buka website Virus Total hanya untuk mengupload file? Virus Total menyediakan sebuah solusi dimana Anda bisa melakukan proses upload file, tanpa harus datang ke website Virus Total. Kalau memang itu masalahnya, Anda bisa mendownlaod Perangkat lunak VirusTotal Uploader dari tinyurl.com dengan file berukuran 139 KB.

1.Jalankan instalasi Virus Total Uploader dengan ukuran 140 KB seperti biasa.

2.Untuk penggunaannya, di Windows Explorer tinggal klik kanan file yang akan di scan, dan pilih Send to > VirusTotal.

3.Tunggu hinga proses upload selesai, dan hasilnya akan ditampilkan lewat browser.

Beberapa malware sering menyamarkan dirinya sebagai proses biasa di Windows. Sehingga buat pengguna yang tidak jeli atau masih awam, tidak menyadari adanya proses asing yang berjalan menyamar sebagai proses milik Windows. VirusTotal Uploader menyediakan fasilitas yang mengizinkan pengguna untuk meng-upload langsung proses yang sedang berjalan.

1.Buka Task Manager, lewat kik kanan di taskbar.

2.Di tab Processes, cari proses yang sekiranya mencurigakan.

3.Jalankan VirusTotal Uploader dari menu start. Klik proses yang tadi Anda curigai, lalu klik Upload process executable.

4.Hasilnya akan ditampilkan sama seperti sebelumnya. Tapi bila muncul peringatan Could not read fill process path and name, maka satu-satunya cara adalah dengan melacak ke sumber eksekusinya. Buka kembali Task Manager, klik kanan proses yang dicurigai, dan pilih Properties.

5.Di tab General, bagian Location, Anda akan melihat direktori dimana file executable untuk proses itu berada. Buka direktorinya, dan upload file-nya lewat browser atau lewat VirusTotal Uploader.

Fasilitas lain yang dimiliki VirusTotal Uploader adalah pemeriksaan file tanpa mendownload file-nya terlebih dahulu. Kita semua pasti pernah mengalami hal seperti ini. Ada sebuah link download yang berupa exe, zip, rar, atau yang lainnya, Anda pasti ragu untuk mendownloadnya, apalagi bila link itu bukand ari sumber yang resmi. Di dalam pikiran Anda, “jika saya download, dan ternyata itu virus, bisa-bisa computer saya terinfeksi. Bisa bahaya, nih”. Nah, VirusTotal Uploader bisa memeriksanya untuk Anda, tanpa harus takut terinfeksi.

1.Jalankan VirusTotal Uploader. Klik Options.

2.Pilih opsi Do not store downloaded files on disk.

3.Masukkan Url, file yang akan di download. Ingat, URL ini adalah URL langsung yang menuju ke file yang dimaksud bukan ke halaman dimana file tersebut berada. Contohnya yang benar: virustotal.com

4.Klik Get and upload. Hasilnya pun akan ditampilkan.

No comments:

Post a Comment

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...