Pages

2010/12/23

Upload Virus Total Lewat Browser

42 Antivirus

Artikel sebelumnya: Antivirus gratis paling lengkap

VirusTotal bisa dipakai gratis dan hanya bisa melakukan scanning terhadap sebuah file tunggal saja satu per satu, dengan ukuran file maksimal 20 MB dan menggunakan 42 antivirus dalam melakukan proses penyehatan pada komputer anda.

Berikut di bawah ini cara-cara pengunaannya:

1.Jalankan browser, dan arahkan ke alamat website virustotal.com Pada tab Upload a file, klik Choose dan arahkan ke file di computer yang Anda curigai ada virusnya.

2.Jika Anda merasa file itu sifatnya rahasia, maka beri centang pada Send it over SSL, lalu klik Send File.

3.Saat proses upload, jendelanya jangan ditutup. Hasil scannya akan ditampilkan.

4.Terkadang, setelah Anda melakukan proses upload, Virus total akan memberitahukan bahwa file tersebut sudah pernah dianalisis. Akan ditawarkan dua opsi, apakah Anda ingin menganalisis uang atau melihat hasil analisis yang sudah pernah dilakukan.

Pada contoh di atas, Anda bisa melihat sendiri bahwa tidak semua antivirus mendeteksi file tersebut sebagai virus. Dari 42 antivirus yang digunakan hanya ada 10 antivirus yang mendeteksinya sebagai virus. Dan ke 10 antivirus yang mendeteksinya pun memberikan nama yang berbeda-beda.

Bila kejadian seperti ini, pertanyaan tentu apakah file tersebut bisa dipercaya? Pertama, ada kemungkinan file tersebut memang virus dan tibak berhasil dideteksi, tapi kejadian ini sangat jarang terjadi. Kedua Ada juga kemungkinan antivirus tersebt menampilkan false alarm. Terkadang, ada juga kejadian dimana definisi / database antivirus yang dipakai bukan yang terbaru, jadi agak sedikit meragukan.

Jadi, bagaiman dong? Jika mayoritas antivirus yang ada menyatakan file tersebut aman, maka file tersebut aman untuk dijalankan. Bila perasaan Anda masih ragu, ya jangan dijalankan.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

SSL. Sebuah protocol keamanan data yang digunakan untuk menjaga pengiriman data antara web server dan pengguna situs web tersebut. SSL umumnya sudah terinstal di dalam mayoritas browser web yang ada (IE, Netscape, Firefox, dll). Sehingga pengguna situs web dapat mengidentifikasi tingkat keamanan situs web yang menggunakan protocol kemaanan SSL ini. Browser web secara otomatis akan meemriksa apakah sertifikat SSL dan identitas situs web tersebut valid, dan apakah terdaftar pada otoritas sertifikasi (CA) SSL (cth. Verisign). Dengan demikian, SSL ini menjadi sangat penting untuk situs web yang menjalankan transaksi online.

No comments:

Post a Comment

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...