Pages

2010/05/09

Polisi Rumania menangkap 67 pelaku Penipuan eBay

Rumania

Satuan polisi gabungan Rumania-AS melancarkan operasi penggerebekan terhadap para pelaku penipuan lewat website lelang eBay. Hasilnya, ada 70 orang tersangka yang berhasil ditangkap dan dimintai keterangan atas aksi penipuan yang mereka lakukan.

Para tersangka itu dituduh menyalahgunakan account eBay, dengan membuat profil palsu dan menjual barang yang memang tidak ada. Setelah pembayaran diterima, mereka langsung raib dan melakukan penipuan selanjutnya. Beberapa barang yang jadi komoditi favorit penipuan, antara lain mobil mewah, motor, laptop, jam tangan, perhiasan, kapal pesiar, gadget, barang elektronik hingga pesawat kecil.

Sejak 2006, diperkirakan para penipu online tersebut sudah meraup uang sebanyak 800 ribu euro. Para korban yang tersebar berada di Eropa, AMerika Utara, dan Oceania melaporkan aksi ini dan menarik perhatian FBI dan Secret Service untuk menyelidikinya lebih lanjut. Seperti biasa, sasaran langsung mengarah ke wilayah Eropa TImur yang memang terkenal dengan tingkat kejahatan cyber-nya yang tinggi.

Sumber : News.softpedia.com

No comments:

Post a Comment

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...