Pages

2010/05/11

Menonton siaran televisi online luar negeri langsung di PC

Ratusan siaran televisi online
.
Mau menonton siaran televisi luar negeri? Tak perlu berlangganan tv kabel atau parabola lagi. Kini, Anda bisa menyaksikan siaran televisi langsung dari computer Anda yang terhubung dengan Internet.

Silahkan buka website TvTube untuk membuktikannya. Website ini menyediakan ratusan kanal siaran televisi online dari seluruh dunia. Anda tinggal memilih kanal mana yang akan ditonton.

Meski website ini menyajikan siaran televisi tersebut secara cuma-cuma, Anda tetap harus memikirkan berapa bandwidth yang tersedot selama menampilkan sebuah acara secara streaming. Jangan sampai tekor, loh!


- - - - - - -- - - - - - -


Bandwidth. Istilah yang menunjukkan kapasitas media dalam mebawa informasi. Bandwidth dapat digunakan dalam banyak hal, misalnya telepon, jaringan kabel, bus, sinyal frekuensi radio dan monitor. Bandwidth diukur dengan putaran per detik (cycles per second). Atau Hertz (Hz), yaitu perbedaan antara frekuensi terendah dan tertinggi yang dapat ditransmisikan. Tetapi juga sering digunakan ukuran bit per second (bps).
Hertz. Disimbolkan dengan Hz, Unit SI untuk frekuensi. Kala Hertz dipilih untuk menghargai jasa Heinrich Rudolf Hertz atas kontribusinya dalam bidang elektromagnetisme. 1 Hertz pada dasarnya berarti 1 gelombang per detik. Unit ini dapat digunakan untuk mengukur apa saja yang periodic. Contoh : gerak jam adalah 1 Hz.
Streaming. Teknologi yang mampu mengkompresi atau menyusutkan ukuran file audio dan video agar mudah ditransfer melalui jaringan Internet. Pentransferan file audio dan video tersebut dilakukan secara “stream”, alias terus menerus. Dari sudut pandang prosesnya, streaming berarti sebuah teknologi pengiriman file dari web server ke client melalui jaringan packet based semisal Internet. File tersebut berupa serangkaian paket time stamped yang disebut stream. Web 3.0 istilah yang baru dikenalkan untuk pengembangan web yang cerdas. Berbeda dengan Web 2.0 yang menghubungkan antar manusia (seperti dalam konsep Social Net Working) serta user generated content (konten yang diciptakan pengguna). Pada Web 3.0 relasi yang dibentuk bukan lagi semata, antar manusia, melainkan antardata yang akan meng-generate konten baru (computer generated content).

No comments:

Post a Comment

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...