Pages

2010/12/06

Katalog gratis untuk pencinta film


Instal dan ekstrak



Berikut dibawah ini tutorial penggunaan EMDB 2.1


1.Download EMDB 2.1 sebesar 1,04 MB, ekstrak filenya, lalu instal seperti biasa.
2.Setelah instalasi, jalankan programnya. Anda akan menemukan gambar seperti rak kosong dalam jendela program.
3.Untuk menambahkan, klik icon Add di bagian paling kiri. Setelah itu, sebuah dialog box akan muncul. Anda bisa mengisi catalog secara manual mulai dari judul, versi, sutradara, artis, synopsis, sampai dengan screenshot-nya. Namun, Anda juga bisa mendownlaod catalog dari IMDB dengan memasukkan judul film, kemudian Search.
4.Setelah pencarian menemukan hasil, Anda bisa memilih jika terdapat lebihd ari satu pilihan dari judul yang dicari, lalu tekan OK.
5.Secara otomatis, seluruh field detail film akan terisi sesuai data pada IMDB. Tekan OK untuk selesai atau tekan Add and COntiunue untuk terus menambahkan lagi catalog baru.
6.Jika Anda menutup dialog box tersebut, maka gambar seperti kotak DVD akan muncul pada latar belakang rak kosong tadi. Selain itu, untuk memudahkan melihat dalam list. Nda bisa mengubahknya dengan mengklik icon View Mode. Untuk memunculkan detail tiap film, Anda bisa mengklik tanda panah kecil di bagian bawah jendela untuk memunculkannya.
7.EMDB ini juga menyediakan fitur ekspor untuk memudahkan manipulasi catalog Export type yang disediakan adalah HTML, Text, ataupun CSV, yang nantinya dapat di impor pada Excel. Klik icon Export untuk memunulkan pilihan ekspor, setelah itu klik pilihan sesuai kebutuhan anda.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -


Import.
Istilah inia dalah kebalikan dari ekspor. Jika ekspor adalah dari format yang program tersebut dukung ke format lain, maka impor adalah mengubah dari format lain menjadi format standar program tersebut. Misalnya, program tersebut secara default memakai format penyimpanan xls (spreadsheet), program tersebut mampu untuk mengimpor data dari file CSV.
IMDB.
SIngkatan dari Internet Movie Database ini adalah sebuah database online untuk film-film seluruh dunia yang berdiri sejak tahun 1990. IMDB bisa diakses melalui web browser pada alamat http://www.imdb.com secara gratis, untuk melihat catalog. Selain itu, website ini juga menyediakan berita-berita terbarus erta komunitas berbasis forum.
CSV.
Singkatan dari Comma Separated Value. Seperti namanya, film ini merupakan file berbasis teks yang umumnya digunakan sebagai representasi dari table. SEtiap kolom dipisahkan dengan tanda koma, dan setiap record dipisahkan dengan pemindahan baris. Dengan emikian, seperti value dari field selalu ada dalam baris tertentud an dipisahkan oleh tanda koma. Terdapat dua versi CSV, yang satu menggunakan tanda koma "," dan satunya menggunakan tanda semi colon atau titik koma.
Export
. Istilah ini sering dipakai ketika program akan mengubah tipe suatu data menjadi tipe lainnya. Biasanya program sudah menydakan mekanisme perubahan format tersebut dan menunjukkan format apa yang disupport oleh program itu. Contoh export adlaah mengubah file .doc pada pengolah teks menjadi file .pdf

No comments:

Post a Comment

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...